Senin, 20 Juli 2020

KONSEP DASAR BERNYANYI SATU SUARA (UNISONO) SECARA BERKELOMPOK

SUMBER GAMBAR:  https://seleb.tempo.co/read/1110397/paduan-suara-itb-gondol-delapan-gelar-kompetisi-di-italia/full&view=ok


KONSEP DASAR BERNYANYI SATU SUARA (UNISONO) SECARA BERKELOMPOK


A. Bernyanyi Secara Unisono  

Warisan budaya Indonesia beraneka ragam.Lagu-lagu daerah merupakan kekayaan danwarisan budaya Indonesia. Warisan budaya Indonesia dikelompokkan menjadi warisan alam, cagar alam atau situs, dan karya tidak benda. Warisan budaya yang telah diakui dunia (UNESCO) antara lain Taman Nasional Ujung Kulon di Banten, Taman Nasional Komodo di Nusa Tenggara Timur, Taman Nasional Leuser di Aceh, Candi Borobudur dan Prambanan, Situs manusia purba di Sangiran, wayang kulit, keris, batik, angklung, subak di Bali, noken dari Papua, dan tari Saman dari Aceh. Bernyanyi unisono adalah bernyanyi satu suara seperti menyanyikan melodi suatu lagu. Partitur lagu bernyanyi unisono hanya melodi pokoknya saja. Lagu daerah yang merupakan warisan budaya dapat dinyanyikan secara unisono.


B. Teknik Vokal dan Organ Suara Manusia 

 
1. Teknik Vokal
    Pada acara pencarian bakat di televisi istilah-istilah dalam teknik vokal sering kita dengar dari
komentar dewan juri. Istilah-istilah itu antara lain: kejelasan ucapan, kebenaran pemenggalan ucapan
pada kalimat lagu (frasering), sikap dalam bernyanyi, dan kemampuan menyanyikan nada tinggi dan rendah. Berikut ini arti istilah tersebut.
a. Artikulasi adalah cara pengucapan kata demi kata yang baik dan jelas.
b.
Phrasering adalah aturan pemenggalan kalimat yang baik dan benar sehingga mudah dimengerti dan     sesuai dengan kaidahkaidah yang berlaku.
c. Intonasi adalah tinggi rendahnya suatu nada yang harus dijangkau dengan tepat.
 

2. Teknik Pernapasan
Pernapasan dalam teknik vokal dikelompokkan menjadi tiga sebagai berikut.
a. Pernapasan Dada Dilakukan dengan cara mengisi udara dalam paru-paru bagian atas. Pernapasan ini     sangat pendek dan tidak cocok digunakan dalam vokal. Dalam pernapasan dada, bagian tubuh yang        mengembang adalah dada. jenis pernapasan ini biasa dipakai untuk menghasilkan nada-nada rendah.     Namun, kelemahannya sang penyanyi akan mudah kehabisan napas sehingga kurang baik dipakai         ketika bernyanyi.
 
b. Pernapasan Perut Dilakukan dengan cara membuat perut berongga besar sehingga udara luar dapat        masuk. Pernapasan ini kurang efektif untuk vokal karena udara dengan cepat dapat keluar sehingga        paru-paru menjadi lemah dan cepat letih. Dalam pernapasan perut, bagian tubuh yang mengembang     adalah perut. Jenis pernapasan ini dapat menghasilkan suara sangat keras. Namun, perna asan perut        tidak begitu baik digunakan dalam bernyanyi.
c. Pernapasan Diafragma
    Saat diafragma menegang atau lurus rongga dada dan rongga perut menjadi longgar dan volume           menjadi bertambah. Volume yang bertambah ini mengakibatkan tekanan berkurang sehingga udara        dari luar dapat masuk ke paru-paru dan napas yang dikeluarkan dapat diatur secara sadar oleh                 diafragma dan otot-otot bagian samping kiri. Pernapasan ini paling cocok untuk bernyanyi karena         dapat mengambil napas sebanyakbanyaknya dan mengeluarkan secara perlahan-lahan dan teratur.         Dalam pernapasan diafragma udara ditarik sedalam mungkin dan disimpan dalam diafragma.                 Kemudian, udara dikeluarkan secara perlahan sewaktu bernyanyi. Pernapasan ini memungkinkan kita     menghasilkan suara murni dengan napas yang panjang.
 
C. Berlatih Vokal
    Latihan vokal dapat dilakukan sambil menyanyi, yaitu dengan melakukan eksplorasi lagu model            (lagu yang sudah dikenal dan digunakan untuk mengenal konsep elemen musik). Lagu model                 tersebut dinyanyikan dengan cara nada dasar secara berturut-turut naik dan turun. 
 
  


18 komentar:

  1. Nama=Vanesa Amanda Putri Pratiwi
    Kelas=7F

    BalasHapus
  2. Vanesa riham salsa bila
    Kls:7F

    BalasHapus
  3. NAMA=TITIK SAFITRI
    KELAS=7F

    BalasHapus
  4. NAMA=NUR HIDAYATUL KOTIMAH
    KELAS=8B

    BalasHapus
  5. NAMA: AHMAD WAHYU AGUNG RAMADHAN

    BalasHapus
  6. NOVIA DWI WULANDARI
    KELAS 8B

    BalasHapus

  7. Nama : NABRI SATUL WADILAH
    Kelas:8A

    BalasHapus
  8. Nama : IHAN CAKRA WIRANATA
    Kelas : 8A

    BalasHapus
  9. Nama :Habibi falih nazhir
    kelas :8A

    BalasHapus
  10. Nama:MESSY AYU MELAVANIE
    KELAS:8A

    BalasHapus
  11. NAMA : CITRA DINDA DWI LESTARI
    KELAS : 05

    BalasHapus
  12. NAMA : CITRA DINDA DWI LESTARI
    KELAS : 8A

    BalasHapus
  13. NAMA : HAWA NUR AZIZA
    KELAS : 8C

    BalasHapus

ANEKA RAGAM HIAS PADA BERBAGAI BAHAN BUATAN

ANEKA RAGAM HIAS PADA BERBAGAI BAHAN BUATAN Kalian tentu masih ingat bahwa ragam hias Nusantara memiliki keragaman dan muatan nilai tradisi ...