Minggu, 19 Juli 2020

TEKNIK MENGGAMBAR RAGAM HIAS PADA BAHAN BUATAN

TEKNIK MENGGAMBAR RAGAM HIAS PADA BAHAN BUATAN

Teknik menggambar ragam hias pada bahan buatan adalah cara menerapkan ragam hias pada bahan buatan. Teknik menggambar ragam hias pada bahan buatan ada beberapa jenis, tergantung dari bahan dan alat yang digunakan. Ada beberapa teknik menggambar ragam hias pada bahan buatan yaitu :

1. Teknik tenun
Merupakan teknik pembuatan ragam hias pada bahan buatan tekstil dengan menggabungkan benang melintang dan memanjang atau bersilangnya benang lungsi. Dimana benang yang ditenun sebelumnya sudah diberikan warna, yang kemudian di tenun sesuai pola ragam hiasnya dengan menggunakan alat tenun manual atau mesin. Di Indonesia ragam hias yang terkenal dengan menggunaan teknik tenun yaitu di Sumatera dan Kalimantan.

2. Teknik sulam
Sulam merupakan salah satu teknik yang digunakan untuk membuat ragam hias pada bahan buatan tekstil. Teknik sulam ini menggunakan alat jarum, dan benang yang berwarna dimasukkan dalam lobang jarum yang kemudian baru disulamkan pada kain yang sudah ada gambar pola ragam hias. Cara menyulam pada bahan buatan tekstil dapat dilakukan dengan tusuk jelujur atau dengan tusuk silang, atau dengan tusuk keduanya.

3. Teknik bordir
Teknik bordir pada dasarnya sama dengan teknik sulam, yang membedakan adalah teknik bordir menggunakan mesin jahit bahkan sekarang dapat dilakukan dengan menggunakan komputer.

4. Teknik cetak
Teknik cetak dalam membuat ragam hias dapat diterapkan untuk bahan buatan tekstil, kaca, logam, kayu, keramik dan plastik. Yang dimaksudkan teknik cetak adalah membuat ragam hias dengan alat cetakan. Teknik cetak yang biasa dilakukan untuk membuat ragam hias pada bahan buatan yaitu teknik cetak saring atau biasa disebut sablon. Cetak saring ini menggunakan screenprinting yang sudah ada gambar motifnya, cat dituang di atasnya dan siap untuk mencetakkan di atas bahan buatan. Cara yang lebih mudah menggunakan karton yang sudah dilobangi sesuai motif, tempelkan pada bahan buatan, berikan warna dengan menutup lubang tersebut dengan cat warna.


5. Teknik lukis
Untuk membuat ragam hias dengan teknik lukis dapat dilakukan pada bahan buatan tekstil, kayu, kaca, logam, plastik, dan keramik. Teknik lukis ini sangat mudah dilakukan dan sederhana, yaitu dengan langsung menggambarkan motif ragam hias ke bahan buatan. Alat yang digunakan adalah kuas, palet, dan cat warna.


6. Teknik batik
Pembuatan ragam hias dengan teknik batik hanya dapat dilakukan pada bahan buatan tekstil. Teknik batik dikatakan juga sebagai teknik tutup celup, maksudnya adalah proses pembuatannya dengan menutup permukaan kain sesuai gambar ragam hiasnya menggunakan lilin malam dengan bantuan alat canting. Kemudian dicelupkan pada pewarna tekstil sampai kain terendam, selanjutnya adalah proses penglepasan lilin sampai bersih sehingga akan terbentuk motif yang dikehendaki.



  

3 komentar:

ANEKA RAGAM HIAS PADA BERBAGAI BAHAN BUATAN

ANEKA RAGAM HIAS PADA BERBAGAI BAHAN BUATAN Kalian tentu masih ingat bahwa ragam hias Nusantara memiliki keragaman dan muatan nilai tradisi ...